Image and video hosting by TinyPic
situs poker Online Terbaik

Inilah Alasan Ford Hengkang dari Indonesia | Bagaimana Nasib Konsumen ?

Kabar buruk kembali datang dari industri otomotif Indonesia. Kali ini, produsen otomotif asal Amerika Serikat, Ford Motor Company menarik perusahaan dari Indonesia dan Jepang. Alasan manajemen Ford, seperti diberitakan Reuters, Senin (25/1), operasi bisnis di kedua negara ini tak berprospek menarik lagi.

Lea Kartika Indra, Direktur Komunikasi FMI membenarkan kabar tersebut. Dia mengaku, baru mendengar juga kabar tersebut hari ini.

Tak ada kepastian bulan berapa Ford benar-benar angkat kaki dari Tanah Air. ”Yang pasti hingga akhir tahun ini,” kata Lea kepada KONTAN, Senin (25/1).

Pada masa transisi ini, Lea bilang, fasilitas servis dan garansi mobil masih berlaku hingga satu tahun ke depan.

Lea menjelaskan, alasan utama Ford mundur dari Indonesia karena penjualanmobil yang hingga kini masih cenderung kecil. Dari tahun ke tahun, penjualan juga mengalami penurunan. 

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Penjualan mobilFord memang terus tergerus. Di tahun 2015 kemarin total penjualnya hanya sebanyak 4.986 unit, menurun 58,4% dari capaian 2014 sebanyak 12.008 unit.

Sebagai informasi, PT Ford Motor Indonesia memiliki 44 jariangan diler dan service center diseluruh Indonesia. Dan pekerja non diler, PT Ford Motor Indonesia ada sebanyak 35 karyawan. Ford pun sempat berencana untuk membangun pabrik pada tahun 1996 lalu, namun karena kebijakan pemerintah menjadi kendala rencana itu terealisasi.

Jadi Bagaimana Tangapan Konsumen dari Hengkang nya Ford Motor Indonesia

Menyusul keputusan Ford Motor Indonesia (FMI) untuk hengkang dari pasar Indonesia, konsumen setia Ford, David Tobing berniat mengajukan gugatan. Salah satu hal yang mendasari gugatan itu adalah surat pernyataan jaminan yang dibuat importir untuk menjamin pelayanan purna jual.

"Kita harus lihat, di peraturan Menteri Perindustrian, kalau ada satu importir yang mau masukin mobil, dia harus mengisi formulir pernyataan jaminan dari Menteri Perindustrian," kata David Tobing, konsumen setia Ford sekaligus pengacara perlindungan konsumen, 

ikut berdiskusi pada "Inilah Alasan Ford Hengkang dari Indonesia | Bagaimana Nasib Konsumen ?"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Game Online Indonesia tersebut, kawan?