Image and video hosting by TinyPic
situs poker Online Terbaik

Perencanaan Yang Mempertimbangkan NeLayan

Perencanaan Yang Mempertimbangkan NeLayan
Salah Satu adalah di negara Maroko, Pemimpin Maroko Raja Muhammad VI meluncurkan pembangunan desa nelayan Dalia yang terletak di Ksar El Majaz, Provinsi Fahs Anjra. Merupakan proyek terpadu yang diyakini mampu memperbaiki kondisi kehidupan nelayan di wilayah tersebut.

Desa yang terletak di ujung timur teluk Dalia atau lebih tepatnya di sebelah timur komplek pelabuhan Tangier Med ini dirancang sebagai contoh desa masa depan modern yang berfungsi untuk melestarikan ekologi dan menjadi tujuan wisatawan. Selain itu, desa ini juga dirancang sebagai tempat pemasaran atau perdagangan hasil laut yang rapi, teratur dan bersih. 
Proyek desa nelayan Dalia tersebut merupakan gagasan pemerintah Maroko dalam meningkatkan sektor perikanan dalam negeri melalui perbaikan kualitas produk guna memperbaiki kondisi ekonomi para nelayan lokal dengan membangun sebuah dinding penahan ombak sepanjang 180 meter dan sebuah dermaga dengan luas 5.800 meter persegi.
Proyek tersebut juga mencakup pembangunan tempat bongkar muat ikan seluas 300 meter persegi, 70 toko untuk para nelayan, sebuah unit pembuat es, ruangan berpendingin, stok bahan bakar dan sebuah pelatihan secara berkelanjutan untuk memperbaiki perahu. (sumber : dunia.rmol.co-Raja Maroko Luncurkan Pembangunan Desa Nelayan Modern.htm).
Contoh Perencanaan Yang Tidak Mempertimbangkan Nelayan Di Kota Makassar
uPembangunan Jalan Metro Tanjung Bunga dan Reklamasi Pantai
uKESIMPULAN
Sejatinya perencanaan yang baik adalah perencanaan yang memperhatikan seluruh aspek baik dari aspek lingkungan hingga sosial ekonomi masyarakat karena merupakan hajat hidup banyak orang. Begitupun perencanaan pada kawasan pesisir pantai dimana nelayan hidup dan mencari nafkah dikawasan tersebut, seharusnya tidak dikorbankan demi kepentingan pembangunan pada masa yang akan datang. Dikota makassar sendiri seperti pemaparan diatas dengan adanya Reklamasi Pantai dan pembangunan Jalan Metro Tanjung Bunga telah memberikan contoh nyata sebuah produk perencanaan yang pada akhirnya tidak memperhatikan dan mengorbankan kehidupan nelayan karena dampak negatif yang ditimbulkan. Untuk itulah peran etika dalam sebuah perencanaan karena dengan prinsip-prinsip etika perencanaan yang baik maka sebuah perencanaan akan bermanfaat secara baik tidak hanya untuk generasi saat ini  tetapi juga untuk kepentingan generasi yang akan datang.




ikut berdiskusi pada "Perencanaan Yang Mempertimbangkan NeLayan"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Game Online Indonesia tersebut, kawan?