Image and video hosting by TinyPic
situs poker Online Terbaik

SIFAT DASAR DAN KARAKTERISTIK PERANCANGAN KOTA

SIFAT DASAR DAN KARAKTERISTIK PERANCANGAN KOTA

Kekuatan Kota tumbuh dan berkembang
Serta membuat manusia banyak bicara
dan mengikat perhatian tetapi semuanya
membuat manusia artifisial ( Ralp waldo Emerson)

SIFAT DASAR KOTA


Pada dasarnya, kota memiliki sifat-sifat yang tidak terlepas dengan aktivitas masyarakat yang bermukim di dalamnya. Dimana itu seringkali di temukan di dunia perkotaan. Salah satu contoh dari sifat dasar kota adalah sifat kelangkaan di pusat kota. Sifat kelangkaan ini akan lebih terasa di pusat kota. Lokasi-lokasi seperti ini umumnya hanya memiliki sedikit space, tetapi kebutuhan akan lahan kian bertambah. Dengan suplai tetap dandemand yang terus naik, membuat lokasi-lokasi di tengah kota akan selalu lebih mahal dibanding lokasi-lokasi di pinggir kota. Tidak heran, dengan kelangkaan tersebut, membuat properti di tengah kota menerapkan konsep high rise building.
Tanah yang masih murah, umumnya berada di lokasi yang jauh dari pusat kota dengan infrastruktur yang masih terbatas. Harga lahan di lokasi suburban seperti ini juga akan naik, tetapi umumnya memerlukan waktu yang lebih lama. Dikaitkan dengan faktor kelangkaan, harga lahan di kawasan pinggir kota lebih murah, karena masih banyak lahan tersedia belum langka.
Sejalan dengan perkembangan waktu, suatu kota akan merubah akibat pergerakan masyarakat yang hadir pada kota tersebut dan membawa kebudayaan sosial dimana massyarakat itu berasal. Berawal dari produksi dan reproduksi ruang ekonomi dan sosial dalam suatu desa kemudian berkembang menjadi kota kecil. Kota melalui perjalanan waktu pada akhirnya menjadi suatu kota besar. Dan kota besar berkembang mengikuti peradaban  yang dianut oleh masyarakatnya menjadi kota kotemporer yang dipenuhi dengan pemukiman penduduk, jalan raya, pertokoan, kawasan industri, taman dan ruang-ruang publik lainnya

 Pengertian wilayah, daerah, kota, perkotaan dan perencanaan
a.      Pengertian Wilayah
Wilayah merupakan suatu ruang dengan kesatuan geografis beserta segenap unsur dan sistem yang terkait di dalamnya dan ditentukan berdasarka aspek administrasi dan atau aspek fungsional.
b.      Pengertian Daerah
Daerah merupakan suatu daerah teritorial dengan batasan dan perwatakannya didasarkan pada wewenang administratif pemerintah yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan tertentu
c.       Pengertian Kawasan
Kawasan adalah suatu ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta unsur yan terkait di dalamnya dengan batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek fungsional serta memiliki ciri dan identitas tertentu.
d.      Pengertian Kota
Kota adalah permukiman penduduk dengan jumlah kepadatan yang relatif tinggi dan bertempat tinggal dalam suatu wilayah geografis tertentu.



ikut berdiskusi pada "SIFAT DASAR DAN KARAKTERISTIK PERANCANGAN KOTA"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Game Online Indonesia tersebut, kawan?