Kompetisi telah lama dipercaya sebagai cara yang paling efisien untuk mengoperasikan, mengorganisasi dan mendisiplinkan pasar. Pasar yang kompetitif akan menciptakan persebaran sumber daya secara fair dan efisien tanpa perlu untuk dikendalikan secara terpusat. Beberapa keuntungan dari kompetisi adalah:
  • · Memastikan sumber daya, produk dan layanan dialokasikan kepada pihak yang paling banyak memilikinya (efisiensi alokatif)
  • ·  Memaksa pelaku pasar untuk menggunakan sumber daya yang langka seproduktif mungkin (efisiensi produktif)
  • ·  Mendorong pelaku pasar untuk berinovasi dan berinvestasi pada waktu yang tepat (efisiensi dinamis)

  • Kebijakan Distributif
Kebijakan distributif adalah kebijakan dalam mengalokasikan pelayanan atau manfaat terhadap segmen tertentu dari masyarakat — individu, kelompok, perusahaan dan masyarakat. Kebijakan distributif biasanya melibatkan penggunaan dana publik untuk membantu kelompok, masyarakat atau perusahaan tertentu. Kebijakan distributif ditandai dengan pengenaan paksaan secara tidak langsung (kemungkinan pengenaan paksaan fisik sangat jauh), tetapi kebijakan itu diterapkan secar langsung terhadap individu. Individu dapat menarik manfaat dari kebijakan itu, walaupun tidak dikenakan paksaan kepada individu untuk meggunakannya.